Kapan Waktu Terbaik untuk Ajak Bayi Baru Lahir ke Mall?

Ingin mengajak bayi baru lahir ke Mall?
Pasti Mamanya sudah mulai merasa jenuh selalu di rumah, engga tahan kalau engga ke mall😁
Saya pun begitu😂

Sebelum saya melahirkan, Mama saya alias Eninnya Gibran sudah memperingatkan saya baru boleh ajak bayi baru lahir ke Mall atau berpergian selain ke Rumah Sakit untuk kontrol, setelah usia anak 3-4 bulan. Saya engga setuju dong! waktu itu saya rasa cukuplah 40 hari usia bayi, Mama dan bayi bisa jalan-jalan ke Mall. 

Ternyata... 

Saya lebih mengikuti peringatan Mama saya dibanding ego dan nafsu saya.
Hmmm, engga deng. Lebih tepatnya, saya lebih mendengarkan apa kata dokter spesialis anak baru menuruti peringatan Mama saya. Mungkin karena Mama saya memberi alasan yang belum bisa terima, beliau beralasan bahwa banyak virus dan bakteri di Mall, hanya itu. Alasannya, masih bisa saya tepis, toh bakteri dan virus bisa ditemukan dimana saja, lagipula saya ke Mall juga engga setiap hari, bayi juga dipakaikan selimut, topi dan sleepsuit dan alasan lainnya. 

Dokter Spesialis Anaknya Gibran menjelaskan kalau waktu yang terbaik untuk membawa bayi baru lahir pertama kali ke Mall atau berpergian adalah saat usia bayi menginjak 3-4 bulan. Karena :
  1. Di usia 1 bulan atau 30 hari, antibodi bayi masih sangat bergantung pada Ibunya, dia belum punya antibodi sendiri;
  2. Usia 2 bulan, tubuh bayi sedang membentuk antibodinya sendiri (jadi masih proses pembentukan antibodi);
  3. Usia 3 bulan, antibodi bayi sudah terbentuk jadi bayi sudah mempunyai antibodi sendiri untuk melawan virus dan bakteri.
Jadi, kalau ada yang bilang 40 hari usia bayi sebenarnya kata Dokter Spesialis Anak itu hanyalah mitos atau budaya orang tua dahulu, secara medis atau kesehatan usia 40 hari belum tepat. Tapi, dikembalikan lagi kepada Ibunya. 

Saya pertama kali membawa Gibran keluar rumah saat usianya masuk 3 bulan ke Mall Kota Kasbalanka, Jakarta. Deg-degan, khawatir ini itu tapi alhamdulillah lancar dan Gibran sama sekali engga rewel.  Tidur - nenen - bangun sebentar - nenen lagi - tidur lagi - pup, itu-itu saja kegiatannya selama diajak ke Mall. 


Tips : Pilihlah lokasi tujuan yang menyediakan nursery room yang bersih dan nyaman. Penting!





Love, 



Fitri  "Mama Gibran"


Author

Fitri Nur Ardiantika Fitri Nur Ardiantika karena menjadi seorang Ibu harus meredam ego, emosi dan nafsu sendiri untuk kualitas hidup terbaik sang anak.

Post a Comment