Memberikan Makanan Untuk Berbuka Puasa Menjadi Amalan yang Dapat Dilakukan Saat Haid



Assalamualaikum, 

Sayang seribu sayang, pada hari pertama Puasa Ramadan tahun ini yang jatuh pada Senin, 6 Mei 2019, saya tidak dapat mengikutinya karena datang bulan atau haid. Memang sudah hukum alam seorang wanita "kedatangan tamu" setiap bulannya. Euforia melaksanakan Ibadah Puasa Ramadan memang sangat terlihat pada pekan pertama. Perasaan syukur dan gembira dapat bertemu kembali dengan bulan penuh rahmat dan rida-Nya. Saya pun ingin merasakannya pada hari pertama. Tapi, tidak perlu dicemasi karena Allah SWT Maha Mengasihi dan Menyayangi. Umat muslimah yang sedang haid  dan umat muslim lainnya yang berhalangan puasa atau tertimpa musibah, seperti lansia dan orang sakit, diberikan kesempatan untuk mengejar pahala pada bulan suci. Hal-hal yang mungkin sering dianggap sepele ternyata mendatangkan banyak kebaikan. Salah satu amalan yang dapat dilakukan saat haid di bulan Ramadan adalah menyajikan dan memberikan makanan kepada orang yang berbuka puasa. 

Rasulullah SAW, tauladan bagi umat Muslim, bersabda bahwa :
" Siapa memberi makan bagi orang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun." (H.R. At-Tirmidzi)

MasyaAllah, sungguh besar kasih sayang Allah SWT kepada hambaNya. Hanya dengan memberikan segelas air minum atau sebiji kurma kepada orang yang berbuka puasa sudah menjadi ladang pahala bagi pemberinya. Terlelbih lagi, jika orang yang berbuka puasa mendoakan kembali si pemberi makanan atas kebaikannya, maka doa orang tersebut akan dikabulkan. Karena doa orang yang berpuasa adalah doa yang mustajab. 


Photo by Toa Heftiba on Unsplash

Teringat saya akan hadis Rasulullah SAW tersebut mendorong saya untuk memasak hingga menyajikan makanan untuk keluarga berbuka puasa bersama di rumah. Ya, pekan pertama puasa umumnya orang akan lebih memilih untuk menghabiskan waktu buka puasa mereka di rumah bersama keluarga terkasih. Tapi seperti bulan puasa sebelumnya, suami saya tidak dapat berbuka puasa bersama keluarga di rumah, mau tidak mau dia harus berbuka puasa di jalan atau di masjid terdekat, karena perjalanan dari kantor menuju rumah cukup panjang. Jadi, saya hanya menyajikan makanan untuk kedua orang tua saya. Menu andalan kami setiap tahunnya adalah Es Blewah atau Timun Suri ala Mama dan tentunya kurma.

Tidak hanya menyajikan dan memberikan makanan kepada yang berbuka puasa saja, tetapi juga terdapat amalan-amalan lainnya yang dapat dilakukan kaum hawa saat haid di bulan Ramadan, yaitu zikir dan sedekah. 

“Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.” (Q.S.Al-Ahzaab : 41-42)

Sembari masak dan menyajikan makanan, mama dan wanita muslim lainnya dapat berzikir di dalam hati atau terucap dengan lembut. Lalu, jika terdapat sisa makanan sebaiknya jangan dibuang dapat dihangatkan kembali atau lebih baik sisihkan secukupnya untuk disedekahkan kepada orang terdekat yang membutuhkan. Jadi,semua mendapat berkah dari Allah SWT di bulan suci Ramadan. Sesederhana itu ya Islam.


Photo by Bayu on Unsplash

Kami sekeluarga mengucapkan "Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan, semoga bulan Ramadan ini mendapatkan limpahan berkah dari Allah SWT dan dapat bertemu kembali dengan Ramadan berikutnya." 


(https://www.freepik.com/free-vector/muslim-family-concept_2872134.htm)


PS:Gambar anak perempuannya hanya baru impian, realita alhamdulillah baru satu anak laki-laki


Wassalamualaikum. 



Love,
-FNA-

Author

Fitri N Ardiantika Fitri N Ardiantika karena menjadi seorang Ibu harus meredam ego, emosi dan nafsu sendiri untuk kualitas hidup terbaik sang anak.

4 comments

  1. Beneeeer.... ada banyak amalan yang bisa kita lakukan di bulan Ramadan, meskipun sedang haid. Memberi makanan berbuka untuk orang yang berpuasa juga pahalanya insya Allah besar. Bisa dengerin murotal juga sambil beraktivitas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesederhana itu ya Islam. Sederhana tapi bisa meraih sejuta pahala :)

      Delete
  2. Aku nih juga nggak puasa euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenang mba, masih bisa dapat pahala dan amalan lainnya dari sekecil apappun kebaikan kita karena Allah :)

      Delete

Post a Comment