Angapo Lebaran Anak Dimanfaatkan untuk Apa?

(Sumber : <a href="https://www.freepik.com/free-photos-vectors/business">Business vector created by freepik - www.freepik.com</a>)



Lebaran 2019 telah selesai, masa-masa antara senang-senang dan keuangan dag dig dug otomatis selesai juga :)

Kenapa saya bilang kondisi keuangan saat lebaran bikin jantung berdetak lebih kencang? bagi saya yang yang pemasukan hanya berasal dari satu pintu yaitu gaji suami, harus benar-benar mengikat kencang pinggang. THR ART, angpao untuk saudara-saudara yang masih kecil atau belum bekerja dan belum lagi budget liburan karena kami tidak mudik jadi budgetnya dialokasikan untuk liburan yang terjadi setahun sekali (sisanya di mall atau dalam kota saja).

Tahun ini tahun kedua Iban dapat angpao dan tahun ini dia dapat 3 kali lipat lebih banyak dari tahun lalu. Iban menang banyak!

Jujur, tahun lalu angpao Iban masuk ke kantong saya :))
Tapi, tahun ini tidak karena kami ingin lebih bijak terhadap keuangan termasuk angpao anak, selain itu selama 1 tahun ini kami telah mengenalkan Iban pada konsep menabung. Jadi, angpao Iban tahun ini semuanya masuk ke dalam celengannya. Karena itu juga adalah hak Iban.  Iban punya 2 celengan dan setiap ada uang sisa dalam 1 hari, kami masukkan ke dalam celengannya dan Iban yang melakukan sendiri. Jadi, sampai saat ini setiap dia melihat uang refleks dia langsung menuju celengannya.

Ya, dia baru tahu konsep uang untuk menabung bukan untuk berbelanja dan berbagi. Penting juga mengenalkan pada anak mengenai konsep uang untuk menabung, berbelanja, berbagi bahkan menghasilkan uang, seperti yang ada di blognya AnnisaST (baca: https://www.annisast.com/2019/05/bebe-dan-uang.html).

2 bulan setelah lebaran adalah ulang tahun kedua Iban. Ulang tahun dia kali ini, kami melakukan hal yang berbeda dan mungkin akan menjadi rutinitas tahunan yaitu membeli kado ulang tahunnya dari hasil menabung selama 1 tahun dan berbagi (amal) dari hasil menabung di celengannya juga. Jadi, Iban akan mengenal tiga konsep sekaligus menjelang ulang tahunnya nanti yaitu menabung, beramal dan berbelanja. Belanja kado ulang tahunnya.

Kami sebagai orang tuanya memiliki tujuan dari kebiasaan barunya ini. Saat menjelang ulang tahunnya Iban punya keinginan apa, mau kado apa ya harus punya uang dulu. Bagaimana caranya agar punya uang? karena Iban masih terlalu dini untuk menghasilkan uang, jadi Iban harus menabung dulu. Saat ini uang tabungannya Iban masih disponsori orang tuanya, maksudnya masih dari sisa uang sehari-hari kami. Kelak Iban sudah punya uang saku sendiri ya dia harus menyisihkan uang sakunya untuk menabung. Iban pun menabung bukan untuk diri sendiri tapi juga harus ingat dengan orang yang tidak mampu alias beramal. 

Celengan akan dibongkar sekitar akhir Juli atau mendekati ulang tahunnya. Kira-kira dari hasil menabung setahunnya bisa beli apa ya?




Love
-FNA-

Author

Fitri N Ardiantika Fitri N Ardiantika karena menjadi seorang Ibu harus meredam ego, emosi dan nafsu sendiri untuk kualitas hidup terbaik sang anak.

Post a Comment