PARENTING

 PILIHAN KLINIK/RUMAH SUNAT DI BOGOR

Khitan atau Sunat dalam Islam hukumnya adalah sunnah muakkadah atau sangat dianjurkan, bahkan beberapa ulama berpendapat bahwa hukumnya wajib. Laki-laki sebaiknya disunat sebelum memasuki usia baligh, bahkan semakin dini semakin baik, misalnya saat masih bayi.  Khitan pada anak laki-laki bukan hanya menjalankan ajaran agama Islam tetapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Saat ini sudah banyak orang tua yang memiliki bayi laki-laki menyegerakan anaknya untuk segera disunat dengan alasan mencegah Infeksi Saluran Kemih (ISK). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sunat dapat menurunkan  beberapa resiko penyakit, seperti : 


 MENGASAH MOTORIK ANAK MELALUI CELENGAN
Setelah saya membaca buku dan artikel mengenai kegiatan atau permainan yang dapat mengasah motorik si kecil, terdapat yang menjelaskan bahwa memasukkan uang koin ke  celengan menjadi salah satu kegiatan yang membawa manfaat untuk mengembangkan motorik anak. Berikut beberapa manfaat mengisi celengan dengan koin diantaranya : 

JANGAN MENYEPELEKAN ANAK YANG SUKA BERMAIN DI ALAM, BISA JADI MEMILIKI KECERDASAN NATURALIS!
... kecerdasan naturalis adalah anak yang sensitif terhadap lingkungan dan alam sekitar. Anak-anak yang memiliki kecenderungan ke dalam tipe kecerdasan ini umumnya sangat tertarik terhadap merawat binatang, pertumbuhan tumbuhan dan memiliki perhatian lebih terhadap perilaku manusia. 
Kecerdasan Naturalis merupakan salah satu teori dari Howard Gardner mengenai multiple intelligence atau kecerdasan majemuk ...

 PILIHAN PASTA GIGI UNTUK ANAK, AMAN BILA TERTELAN!
Setelah saya berbagi tulisan saya kepada teman-teman di komunitas menulis yang anggotanya adalah para ibu, saya dapat ilmu baru mengenai pasta gigi anak. Ternyata ada loh Mam, pasta gigi dengan kandungan tanpa deterjen dan kandungan flouride yang sedikit! Jadi, aman bila tertelan. Saya berencana akan membeli pasta gigi itu, tapi sebelum membelinya saya mencari tahu dulu apa saja ya pasta gigi anak yang tanpa deterjen. Berikut saya bagikan hasil pencarian saya, pasta gigi anak tanpa deterjen atau bebas flouride dan aman bila tertelan :


 PERLU DIPERHATIKAN JUGA GIGI ANAK SETELAH DEMAM TINGGI KARENA PENYAKIT LAIN
Satu bulan ini saya menemukan kejanggalan pada gigi Gibran, saya jadi bertanya-tanya sendiri "apakah ini yang disebut karang gigi?", "kalau iya, apa bisa anak umur 19 bulan sudah punya karang gigi? Gibran belum pernah makan permen sama sekali, cokelat atau es krim pun hanya sesekali, makanan manis dia lebih memilih karena memang kurang suka dengan makanan manis.", "kalau benar karang gigi, apa iya harus di-scalling?orang dewasa saja ngilu sekali saat scaliing apalagi anak kecil". 


PENGALAMAN PERTAMA MENGAJAK ANAK KE DOKTER GIGI DI PEPSODENT DENTAL EXPERT CENTER
Usia Gibran saat ini sudah 19 bulan, menurut dokter spesialis anak. anak usia 1 tahun (jika sudah tumbuh gigi) mulai bisa diajarkan untuk menggosok gigi dan konsultasikan giginya ke dokter gigi (baca juga : Melatih Anak Menggosok Gigi Sejak Usia 1 tahun). Tapi saya baru mengajak Gibran sekarang karena kecurigaan saya. Baru-baru ini setiap saya menggosok giginya saya melihat seperti ada karang gigi, daripada saya berasumsi sendiri atau bertanya pada yang bukan ahlinya maka saya putuskan untuk cek sekaligus konsultasikan gigi Gibran di Pepsodent Dental Expert Center ...



GEJALA DAN DAMPAK DARI PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK SERTA TERAPI KECANDUAN GADGET
  • Pikiran berulang untuk memakai gadget
  • Sulit membentuk relasi
  • Sulit mencari teman di dunia nyata
  • Lebih nyaman dengan dunia maya
  • Menghindar dari lingkungan sosial
  • Rasa tidak nyaman jika tidak menggunakan gadget ...

Bagi Mama yang memiliki anak laki-laki khususnya usia 12-18 bulan mungkin sudah mulai tertarik dengan mainan mobil-mobilan;. Ternyata main mobil-mobilan itu membawa manfaat baik loh Mam. Saya pun baru tahu setelah membaca buku "100 Permainan yang Mencerdaskan Bayi dan Balita" yang diterbitkan oleh www.ayahbunda.co.id. Selama ini saya hanya tahu kalau main mobil-mobilan itu untuk anak laki-laki dan untuk menstimulasi sisi maskulin anak.


Orang Tua Juga Perlu Dilatih untuk Screen Time!ORANG TUA JUGA PERLU DILATIH UNTUK SCREEN TIME!
Jadikan keluarga seperti sekolah, saling belajar dan mengajar. Tidak selalu orang tua yang menjadi guru, tidak selalu orang tua merasa benar, anak pun dapat mengungkapkan pendapatnya yang ia rasa benar atau salah dan anak pun dapat menjadi guru. Stop gengsi dan stop egois!



APAKAH INI "BABY BLUES" ATAU KURANGNYA "BONDING" ANTARA IBU DAN ANAK?
Sewaktu belum nikah, saya mendambakan ingin nikah muda lalu cepat dikaruniai anak. Bersyukur saya dikasih kepercayaan oleh Allah SWT dua bulan setelah menikah untuk hamil. Menjalani proses kehamilan yang sangat minim trauma. Proses melahirkan yang cepat dan berkesan. Ah, indahnya!


Bulan Agustus 2018 kemarin, Gibran memasuki usia 1 tahun. Gibran sudah diperbolehkan oleh dokter anaknya untuk makan makanan keluarga atau menu sehari-hari yang keluarga makan. Bukan hanya Gibran yang senang



Ingin mengajak bayi baru lahir ke Mall?
Pasti Mamanya sudah mulai merasa jenuh selalu di rumah, engga tahan kalau engga ke mall😁
Saya pun begitu


Kaligata, mungkin kebanyakan dari Ibu-ibu sudah pernah mendengar    tentang Kaligata atau dulu semasa kecil pernah mengalami Kaligata. Kata orang tua, istilahnya Kaligata atau lebih dikenal lagi dengan istilah biduran, kalau dalam dunia kedokteran atau medis istilahnya Urtikaria.









TERNYATA BAWANG MERAH MEMBAWA MANFAAT UNTUK SI KECIL

Anak saya, Gibran, yang baru berusia 5 bulan terserang pilek di awal Janauri 2018. Sebelumnya, Gibran pernah pilek dan batuk juga tapi saya mengatasinya dengan percaya kekuatan ASI alias sering-sering dikasih ASI supaya cepat sembuh atau setidaknya engga bertambah jadi demam. Tapi, kurang lebih seminggu Gibran baru sembuh (bukanya jadi tidak percaya sama ASI, tetap percaya dengan kekuatan ASI)


Author

Fitri N Ardiantika Fitri N Ardiantika karena menjadi seorang Ibu harus meredam ego, emosi dan nafsu sendiri untuk kualitas hidup terbaik sang anak.

Post a Comment